Design

Tips Memilih Wire Rope Sesuai Dengan Kebutuhan Industri

Pemilihan kawat seling atau wire rope di tempat jual wire rope tentu saja tak bisa dilakukan sembarangan. Supaya Anda tak salah memilih, sebaiknya perhatikan beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Anda tak perlu khawatir, karena Kami akan membagikan metodenya untuk Anda.

Tips Memilih Wire Rope Sesuai dengan Kebutuhan Industri

Sebenarnya ada beberapa tips yang harus dipertimbangkan ketika memilih kawat seling di tempat jual wire rope, diantaranya sebagai berikut :

 

  • Konstruksi Wire Rope

 

Wire rope ialah lilitan tali baja yang umumnya terdiri atas beberapa wire. Dalam 1 tali baja, biasanya ada strand sebagai hasil pilinan wire. Dimana strand tersebut kemudian dipilin untuk mengelilingi bagian core, agar membentuk kawat seling. Adapun konstruksi sendiri biasanya menyatakan jumlah wire beserta strand di dalam wire rope. Jadi format konstruksinya biasanya : Jumlah Trans x Jumlah Wire.

Misalnya : Wire rope 6 x 12 artinya wire rope tersebut terdiri atas 6 strand yang digunakan untuk mengelilingi 1 core. Dengan masing-masing strand tersebut terdiri atas 12 wire. Jadi Anda jangan bingung lagi dengan konstruksi yang ditawarkan di tempat jual wire rope. Selain itu, Anda harus tahu bahwa semakin banyak wire yang terdapat pada strand, maka akan semakin kecil pula ukuran dari individu wire. Dengan demikian wire rope menjadi lebih fleksibel, namun sebaliknya jika semakin sedikit wire pada strand maka ukuran wire-nya akan lebih besar, tentu saja wire rope-nya semakin kaku.

Jika Anda menginginkan kawat seling yang memiliki daya tahan terhadap tekukan dengan baik pada crane sebaiknya pilih wire rope fleksibel. Dengan memilih distributor jual wire rope terpercaya.

 

  • Ukuran Wire Rope

 

Biasanya ukuran diameter pada wire rope dinyatakan menggunakan satuan inch atau mm dan bisa diukur memakai sigmat. Adapun faktor yang dapat mempengaruhi ukuran pada wire rope itu sendiri adalah besarnya sheave tertentu yang dilewati oleh wire rope serta bean yang digerakkan wire rope itu sendiri.

 

  • Core Pada Wire Rope

 

Di toko jual wire rope biasanya ada spesifikasi core wire rope. Selain itu, core pada wire rope biasanya terdiri atas 3 bahan, diantaranya fiber core alias tali plastik, wire core alias kawat baja, dan hemp core atau tali mania.

Keuntungan dari Henep core dan fiber core ialah wire rope biasanya bersifat lebih awet dan fleksibel. Sementara keuntungan dari wire core ialah breaking load-nya lebih tinggi.

 

  • Putaran wire rope

 

Putaran pada kawat seling biasanya menunjukkan arah dari strand pada wire rope yang diputar untuk mengelilingi core. Biasanya wire rope strand dengan putaran searah jarum jam dinamakan right hand regular lay atau putaran kanan. Namun sebaliknya jika putaran strand berlawanan dengan arah jarum jam dinamakan left hand regular lay atau putaran kiri. Anda juga harus memperhatikan hal ini saat membeli kawat seling di toko yang jual wire rope.

Itulah 4 tips memilih wire rope sesuai dengan kebutuhan industri Anda, jadi pastikan Anda mengetahuinya sebelum membeli di toko jual wire rope. Jika Anda mencari distributor yang jual wire rope berkualitas, maka Megajaya.co.id dapat dijadikan sebagai pilihan ideal. Karena Megajaya adalah distributor resmi wire rope dari berbagai konstruksi dan spek yang bervariasi.