Property

Tahukah Kamu Apa Itu Desain Rumah yang Minimalis?

Tahukah Kamu Apa Itu Desain Rumah yang Minimalis?

Diantara sekian banyak desain arsitektur di seluruh dunia, desain rumah yang minimalis banyak menjadi pilihan.

Hunian Minimalis di Era Lampau dan Sekarang

Minimalis itu sendiri mulai menjadi trend di awal abad-19 setelah sebelumnya, banyak hunian dengan ornamen dan dekorasi penuh. Setelah itu, tepatnya di akhir 1980-an, banyak arsitektur yang menggunakan trend minimalis ini untuk membangun rumah.

Dalam sejarah arsitektur, ada 2 arsitek yang memegang peranan penting di dalam unsur kesederhanaan arsitektur. Arsitek tersebut adalah Ludwig Mies van der Rohe serta Le Corbusier.

Hingga saat ini, jika Anda membandingkan desain rumah yang minimalis di seluruh dunia, bentuknya akan berbeda-beda. Hal ini karena pada dasarnya, ada 2 elemen utama yang difokuskan, yaitu:

  1. Pencahayaan elegan.
  2. Ruang kosong dari pengurangan unsur 3 dimensional desain arsitektur.

Jadi, arsitektur minimalis lebih menekankan tentang kesederhanaan. Baik itu bentuk rumahnya hingga penggunaan bahan bangunan.

Maka dari itu, para arsitek minimalis memiliki motto listen to figure. Dengan begitu, para arsitek mampu mencari esensi kesederhanaan tapi tidak mengurangi kualitas dari bangunan yang dibuat.

(baca: pembuatan desain rumah di Sribu)

Karakteristik Rumah Berdesain Minimalis

Walaupun saat ini ada minimalist modern, minimalis kontemporer, minimalis klasik, minimalis tradisional ataupun yang lain, ada 9 karakteristik rumah minimalis, yaitu:

Tahukah Kamu Apa Itu Desain Rumah yang Minimalis?
Tahukah Kamu Apa Itu Desain Rumah yang Minimalis?
  • Tata Ruang Sederhana

Namanya minimalis, sebisa mungkin bagian interior dibuat dengan lebih sederhana. Anda bisa menggunakan salah satu fokus di sudut ruangan atau menggunakan volume ruang bertingkat.

Biasanya, rumah minimalis menggunakan desain interior rumah konsep terbuka. Dengan begitu, ruangan akan terlihat lebih luas dibandingkan jika ada sekatnya.

  • Arsitektur dengan Geometris Tegas

Biasanya, rumah minimalis menggunakan geometris tegas. Jadi, jangan heran jika rumah minimalis biasanya memiliki bentuk kotak. Bahkan, penggunaan atap segitiga akan jarang Anda lihat di rumah minimalis.

  • Pengoptimalan Jendela Kaca

Karena desain minimalis berfokus pada elemen cahaya, maka pengoptimalan fungsi jendela jadi salah satu fokus rumah minimalis.

Jendela yang digunakan umumnya terbuat dari kaca dan ukurannya cukup besar. Ukuran yang besar ini dimaksudkan agar banyak pencahayaan alami dan sirkulasi udara lancar.

  • Warna Dinding Polos dan Lembut

Umumnya, rumah dengan konsep minimalis menggunakan cat netral. Misalnya krem, putih, abu-abu hingga hitam.

Penggunaan warna dinding yang polos ini memberikan kesan elegan, modern dan memperkuat kesan sederhana.

  • Lebih Fokus pada Desain

Untuk mengisi kekosongan karena penataan sederhana, rumah minimalis cenderung memiliki fokus pada detail. Dengan begitu dekorasi yang digunakan tidak terlalu banyak.

  • Minim Sekat

Seperti yang dijelaskan di karakter pertama, rumah minimalis memiliki sekat yang minim. Bahkan, rumah minimalis cenderung memanfaatkan konsep terbuka agar efisiensi ruang bisa tercipta.

  • Menggunakan Furniture Minimalis

Untuk menunjang konsep minimalis, rumah minimalis menggunakan perabotan yang paling diperlukan dan sesuai ruang. Bahkan, beberapa kini menggunakan perabotan 2in1, 3in1 misalnya sofa bed.

  • Ruang Terang, Bersih dan Terbuka

Karena minim sekat dan menggunakan jendela kaca, rumah konsep minimalis cenderung lebih terang, terbuka dan bersih. Jadi, konsep ini cocok untuk rumah yang dibangun di lahan sempit.

  • Dilengkapi Taman Minimalis

Walaupun lahan tidak luas, tapi biasanya ada taman minimalis sebagai pelengkap.

Dengan begitu, desain rumah yang minimalis akan terlihat lebih hidup dan nyaman saat ditinggali.