Others

Jenis Artikel yang Harus Anda Kuasai Sebagai Penulis

Jenis Artikel yang Harus Anda Kuasai Sebagai Penulis

Congusano – Ada banyak jenis artikel yang harus dikuasai oleh penulis. Seperti, artikel eksposisi di mana penulis berkewajiban memberikan informasi kepada pembaca. Tujuannya untuk menambah ilmu pengetahuan, sehingga poinnya harus jelas. Wajib menggunakan bahan penyerta seperti gambar, grafik, bila perlu hasil wawancara langsung.

Tetapi, untuk naskah semacam ini kurang diperhatikan di kalangan perusahaan. Strategi pemasaran sebuah produk adalah alasan utamanya. Karena, untuk memasarkan sesuatu, penulis bisa mengambil informasi dari mana pun asalkan masih berkaitan. Satu contoh, produk kecantikan di mana, pembahasannya bisa berkaitan dengan kesehatan dan lainnya.

Bagi Anda yang ingin berkecimpung di dunia penulis artikel. Tidak ada salahnya memahami, deskripsi dan persuasi, keduanya sangat dibutuhkan. Dilihat dari struktur memang hampir mirip. Tetapi, saat Anda perhatikan lebih dalam, ada pola dan ciri berbeda. Serta efek yang ditimbulkan untuk pembaca.

Artikel yang Bersifat Deskripsi

Bila dilihat dari pengertiannya, jenis artikel deskripsi adalah menggambarkan mengenai sebuah masalah tertentu. Bila dihubungkan dengan teknik pemasaran. Bisa diartikan sebagai penggambaran sebuah produk. Tulisan yang disampaikan harus sesuai dengan pengalaman dari penulis atau seolah-olah Anda pernah menggunakannya.

Untuk mendapatkan hasil penulisan seperti ini, alangkah baiknya melakukan riset dulu. Lebih baik membeli produknya, tetapi bila memang mahal, cobalah mencari referensi dari orang lain. Setidaknya, cari 5 orang berbeda yang memakai barang tersebut. Jadikan bahan mereka sebagai ide.

Sebagai contoh, produk kecantikan. Pahami dahulu produknya seperti apa, semisal dikhususkan untuk kulit kering, Anda bisa cari narasumber dengan kulit kering. Narasumber yang kedua, usahakan yang sesuai dengan jenis pigmentasi kulit Anda. Sebelum wawancara, carilah pengetahuan mengenai berbagai efek dari penggunaan produk tersebut.

Efek bisa dilihat dari kandungannya, kemudian pengaruh ke kulit bagaimana. Setelah mendapat semua bahan kembangkan dalam bentuk tulisan. Inilah cara hemat mendapatkan hasil tulisan jenis artikel deskripsi. Pengaruhnya terhadap pembaca sangat besar, karena mereka mendapatkan gambaran langsung dari penggunanya.

Biasanya, hal seperti ini lebih sering didengarkan daripada hanya menyalin kata orang. Struktur tulisannya pun tidak jauh dari produk. Seperti. Kandungan, manfaat, serta efek yang ditimbulkan setelah memakainya. Tambahkan pula harga, promosi bila ada dan di mana mereka bisa membelinya.

Adapun Artikel Persuasif

Menurut pengertiannya artikel persuasi adalah naskah yang bertujuan membujuk, merayu, dan mengajak orang membeli produk. Disertai berbagai alasan logis. Sehingga, strukturnya terlihat berbeda dengan deskripsi, tidak fokus pada satu barang saja, bisa dikembangkan lebih jauh lagi.

Sebagai contoh, produk kecantikan. Anda bisa memberikan cara memilih barang sesuai dengan jenis kulit, atau cuaca. Ini merupakan bentuk alasan kuat atau bisa diartikan sebagai akibat dari sesuatu. Kemudian, di paragraf akhir sisipkan sebabnya, dengan mengarahkan untuk membeli produk tersebut.

Teknik penulisan ini juga disebut soft selling, biasa digunakan dalam penulis artikel untuk mempromosikan sebuah produk. Tidak semata-mata mengarahkan karena cenderung bermuatan promosi iklan. Saat ini, pembaca sudah mulai bosan dengan gaya tulisan tersebut. Walaupun semua sama-sama memberikan edukasi dan informasi yang memang dibutuhkan.

Naskah persuasif dan Deskripsi mempunyai bahasan yang hampir mirip. Perbedaannya berada dipendekatan antara penulis dengan pembacanya. Jika, Anda ingin jadi penulis di berbagai perusahaan besar dan agen kepenulisan. Kedua jenis artikel ini bisa dijadikan modal utama untuk melamar.