Others

7 Media Sosial yang Bisa Dipakai Di China

7 Media Sosial yang Bisa Dipakai Di China

Hampir di setiap negara menggunakan media sosial. Namun, penggunaan media sosial di China berbeda dengan medsos di seluruh dunia. Perbedaannya ada di media sosial yang bisa dipakai di China.

Apa bedanya?

Bedanya, China menggunakan aplikasi buatannya sendiri. Jadi, ketika Anda sedang liburan di China, medsos seperti Facebook tidak bisa Anda gunakan.

Lalu, medsos apa yang bisa digunakan di China? Ada beberapa medsos yang perlu Anda ketahui dan bisa Anda gunakan di China, diantaranya:

  • QQ

Media sosial yang bisa dipakai di China jenis QQ merupakan media sosial sejenis aplikasi messenger. Uniknya, QQ ini tidak hanya digunakan untuk berkirim pesan. Anda juga bisa menggunakan layanan QQ untuk hal berikut:

  1. Belanja.
  2. Game online. microblogging.
  3. Film.

Dengan aplikasi yang cukup lengkap tersebut, para penduduk di China menggunakan QQ untuk memenuhi berbagai macam keperluan.

  • WeChat

Jika biasanya Anda menggunakan WhatsApp untuk saling berkomunikasi via aplikasi, maka di China digunakan aplikasi WeChat.

Pada dasarnya, aplikasi WeChat hampir sama seperti aplikasi WhatsApp. Bedanya, aplikasi WeChat ini bisa membantu Anda untuk melakukan hal berikut:

  1. Pemesanan makanan, barang, kendaraan, service.
  2. Alat pembayaran penggunaan kereta dan bus.

Cukup lengkap bukan? Ini karena WeChat juga dilengkapi dengan fitur berikut ini:

  1. Berbagi foto.
  2. Menemukan teman.
  3. Jiepang atau fitur seperti foursquare.
  4. Momo atau mirip tinder.
  5. WeChat Wallet.
  6. WeChat pay.
  • Weibo
7 Media Sosial yang Bisa Dipakai Di China
7 Media Sosial yang Bisa Dipakai Di China

Diantara sekian banyak media sosial yang bisa dipakai di China, Weibo termasuk sebagai salah satu aplikasi terpopuler. Bahkan, tokoh seperti idol K-Pop membuka dan menggunakan medsos Weibo untuk lebih dekat dengan para fansnya di China.

Media sosial ini hampir sama seperti Twitter. Anda bisa follow dan unfollow. Followers Weibo dikenal dengan nama Fans, sedangkan following disebut Concern.

  • Youku Tudou

Untuk mencari video, biasanya Anda akan menggunakan Youtube, bukan? Sayangnya, Anda tidak bisa menggunakan Youtube di China.

Saat Anda berada di Tiongkok, Anda hanya bisa menggunakan Youku Tudou. Jadi, dapat dikatakan kalau Youku Tudou adalah Youtube-nya China.

  • RenRen

Jika Anda terbiasa menggunakan Facebook dan kebetulan harus tinggal di China, maka Anda bisa menggunakan RenRen.

RenRen sendiri disebut juga dengan Kloningan Facebook atau Facebook-nya China. Kenapa? Karena media sosial China ini memiliki tampilan yang sama dengan Facebook.

(baca juga: sosial media spesialis)

  • Douban

Di China terdapat media sosial yang khusus untuk ulasan bernama Douban. Douban sendiri sebenarnya merupakan sebuah forum yang isinya ulasan mulai dari buku, film hingga musik.

  • Dianping

Jika Anda sedang berada di China, bingung mencari tempat makan dan belum terlalu familiar, Anda bisa menggunakan Dianping.

Aplikasi bernama Da Zhong Dian Ping ini adalah aplikasi yang berguna untuk mencari restoran terdekat dari posisi Anda. Jadi, Anda tidak perlu bingung untuk mencari tempat makan walaupun sedang berada di China.

Itulah 7 deretan media sosial yang bisa dipakai di China yang perlu Anda tahu. Dengan begitu, saat Anda tinggal atau liburan di China Anda masih tetap bisa bermain media sosial.