Others

Ukuran Instagram Feed yang Perlu Diketahui

Ukuran Instagram Feed yang Perlu Diketahui

Instagram menjadi pilihan terutama bagi anak muda dan pebisnis untuk bermain media sosial. Saat menggunakan instagram, tidak hanya pengaturan yang penting namun juga ukuran instagram feed juga harus diperhatikan.

Kenapa? Karena tanpa ukuran yang tepat, maka akan membuat tampilan instagram menjadi lebih menarik. Untuk tahu berapa ukurannya, simak informasi berikut ya.

Ukuran Foto Instagram

Untuk foto atau konten tentang jasa desain feed instagram, Anda perlu tahu ukurannya yang tepat. Per 6 Juli 2015, resolusi foto dari 640 px menjadi 1080p. ukuran ini berlaku untuk rasio 1:1. Jadi, jika Anda ingin mengunggah foto dengan bentuk persegi, ukurannya adalah 1080 x 1080 px.

Sedangkan per 26 agustus 2015, instagram bisa digunakan untuk mengunggah foto berukuran portrait. Secara keseluruhan, ukuran foto untuk diunggah ke instagram adalah:

  • Foto persegi: 1080 x 1080 px dengan ratio 1:!.
  • Foto horizontal: 1080 x 566 px dengan rekomendasi ratio 1.91:1 dan 16:9.
  • Foto vertical atau portrait: 1080 x 1350 px dengan ratio 4:5.
Ukuran Instagram Feed yang Perlu Diketahui
Ukuran Instagram Feed yang Perlu Diketahui

Ukuran Video

Apakah ukuran video sama dengan ukuran foto? Ada yang iya dan ada yang tidak. Untuk video yang memiliki aspek rasio 1:!, ukurannya adalah 1080 x 1080 px. Video ini memiliki durasi maksimal selama 60 detik.

Lalu, bagaimana untuk video lanskap? Rasio yang digunakan untuk video horizontal atau landskap adalah 1.91:1 dan 16:9. Sama seperti foto, namun bedanya adalah di resolusi. Jika foto memiliki resolusi 1080 x 566 px, maka vidio horizontal memiliki resolusi 1080 x 607 px.

Walaupun besar ukuran untuk video horizontal dengan foto persegi berbeda, namun, durasi  video tetap sama yaitu 60 detik dan minimal adalah 2 detik. Namun, jika Anda hendak mengunggah video dengan durasi yang cukup panjang, ada caranya tersendiri.

Anda bisa memecah atau membagi video tersebut menjadi beberapa bagian. Misalnya video berdurasi 2 menit, Anda bagi menjadi 2 dan diunggah secara carousel. Dengan begitu, walaupun Anda memiliki video panjang, Anda tetap bisa mengunggah video tersebut dalam 1 feed dengan bentuk carousel.

IG TV untuk Video Feed

Bisakah video yang ada di IG TV diunggah di feed? Bisa. IG TV sendiri memiliki ukuran 1080 x 1920 px dengan rasio 9:16 untuk horizontal dan 1920 x 1080 px dengan rasio 16:9 atau 5:4 untuk vertical.

Jika video di IG TV diunggah di feed, ukuran instagram feed akan mengikuti ukuran dari IG TV. Lalu, bagaimana caranya? Untuk menjadikan video IG TV menjadi feed, caranya adalah:

  • Buma home instagram.
  • Pilih symbol TV yang ada di kanan atas.
  • Klik tanda + untuk mengunggah video di IG TV.
  • Pilih videonya lalu tap ‘selanjutnya’.
  • Geser tanda perintah ke samping kanan hingga berwarna biru untuk ‘Posting cuplikan.
  • Beri judul serta keterangan video.
  • Lalu tap kirim.
  • Setelah proses unggah selesai, video akan terupdate secara otomatis di feed Anda.

Jadi, sudah tahu ya, ukuran instagram feed yang tepat. Semoga informasi ini membantu Anda ya.