website

Mengapa Pembuatan Website Desa Perlu Dilakukan?

Mengapa Pembuatan Website Desa Perlu Dilakukan?

Di jaman yang semakin maju ini, peran website menjadi semakin vital. Maka dari itu, pembuatan website desa perlu segera direalisasikan.

Kenapa? Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu membangun website desa, yaitu;

  • Meningkatkan Transparansi

Masing-masing desa memiliki dana desa yang dibagi atau dialokasikan langsung dari pemerintah pusat untuk keperluan desa. Banyaknya dana desa tersebut tentu menggoda oknum tertentu untuk menggunakan dana desa secara tak bertanggung jawab.

Dengan adanya website ini, setiap pemasukan dan pengeluaran desa bahkan rencana anggaran desa bisa diupdate. Alhasil, setiap orang terutama penduduk desa bisa mengecek bagaimana perkembangan dan transparansi dana desa.

  • Meminimalisir Penyimpangan Dana Desa

Lewat pembuatan website desa, transparansi dana desa akan lebih terjaga dengan baik. Perangkat desa bisa mengunggah laporan dana, foto ataupun video rapat.

Dari hal tersebut, penduduk desa bisa mengawal perkembangan dan kebijakan desa. Alhasil, penyimpangan dana desa dan kekuasan bisa diminimalisir.

  • Sarana Publikasi

Terkadang, orang-orang di desa terutama yang sedang merantau tidak tahu kondisi atau peristiwa yang sedang terjadi di kampung.

Mengapa Pembuatan Website Desa Perlu Dilakukan?
Mengapa Pembuatan Website Desa Perlu Dilakukan?

Jika menggunakan grup WhatsApp, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mendapatkan informasinya. Bisa saja karena tidak disampaikan dengan baik, informasi tersebut bisa melenceng dan menimbulkan kabar yang tidak benar.

Jika sudah ada website, perangkat desa bisa memperbarui informasi di website. beberapa informasi tersebut, yaitu:

  1. Rencana dan anggaran dana desa.
  2. Kebijakan desa.
  3. Susunan perangkat desa.
  4. Acara desa.
  5. Laporan pertanggungjawaban.
  6. Dokumentasi acara yang berkaitan dengan desa.
  • Mempermudah Pelayanan

Website bisa menjadi salah satu sarana untuk mempermudah pelayanan di desa. Misalnya mencetak surat kematian sementara, izin mengadakan kegiatan atau yang lainnya.

Dengan begitu, para warga yang ingin mendapatkan pelayanan dengan maksimal tanpa harus menunggu terlalu lama.

(baca juga: desain web keren tanpa coding)

  • Mempermudah Penyimpanan Data

Masih banyak desa di Indonesia yang menggunakan sistem manual untuk menyimpan data. Alhasil, tumpukan data yang tersimpan membuat Anda kesusahan mencari data yang dibutuhkan.

Anda perlu membongkar data lama. Bahkan tak jarang, data yang dibutuhkan tersebut tidak diperoleh karena datanya hilang.

Semua itu bisa diakali dengan menggunakan database website. Dari database ini, Anda bisa mencari data yang dibutuhkan dengan lebih mudah.

  • Sarana Pengaduan Masyarakat

Bagi desa yang tidak terlalu besar, memang akan lebih mudah untuk mengadukan masalah atau apapun itu ke perangkat desa. Namun, bagaimana jika desa tersebut cukup besar dan perangkat desanya susah dicari? Tentu hal tersebut menjadi kesulitan tersendiri untuk penduduk desanya.

Maka dari itu, website bisa digunakan untuk menampung pengaduan dan aspirasi masyarakat. Jadi, perangkat desa bisa melihat dan melakukan evaluasi yang berkaitan dengan hal tersebut.

Itulah beberapa alasan mengapa pembangunan website desa perlu direalisasikan. Dengan begitu, desa Anda akan lebih transparan terutama terkait dana desa.