Others

Cara Melihat Url Youtube dengan Mudah

Cara Melihat Url Youtube dengan Mudah

Youtube termasuk sebagai salah satu media dengan konten video yang paling banyak digunakan. Setiap video yang terunggah di youtube memiliki URL atau alamat. Untuk tahu cara melihat URL youtube terutama lewat smartphone dengan OS android, simak artikel berikut.

Pengertian dan Fungsi URL

Sebelum Anda mengetahui cara melihat URL Youtube, Anda perlu tahu lebih dahulu apa itu URL dan seperti apa fungsinya. URL merupakan singkatan dari uniform resource locator yang artinya adalah cara mengidentifikasi lokasi file yang ada di internet. Secara garis besar, URL ini adalah alamat dari file ataupun website.

Fungsi dari URL adalah:

  • Mempermudah user agar bisa mengakses website.
  • Mempermudah untuk mengidentifikasi file misalnya video yang ada di youtube.
  • Pemberian alamat dokumen.

Cara Mengetahui URL di Youtube

Cara Melihat Url Youtube dengan Mudah
Cara Melihat Url Youtube dengan Mudah

Baik URL untuk video seperti penjelasan tentang apakah social media enthusiast itu, caranya adalah seperti berikut ini:

  • Masuk ke youtube terlebih dahulu. Buka salah satu video yang Anda ingin lihat.
  • Di samping tombol dislike terdapat tombol share. Klik tombol tersebut.
  • Nantinya, akan ada pilihan untuk share video di media sosial yang lainnya, namun, pilih salin link untuk copy link tersebut. Anda bisa menyalinnya di note ataupun di browser untuk melihat linknya.
  • Cara ini berlaku jika Anda ingin melihat URL dan menyalin URL video milik orang lain.

Sedangkan jika Anda hendak melihat URL video ataupun channel milik Anda sendiri, Anda bisa melakukan hal seperti berikut:

  • Masuk terlebih dahulu ke browser lalu ke youtube dan masukkan akun youtube Anda. Caranya adalah pilih menu yang ada di pojok kanan atas lalu pilih login.
  • Masuk dengan menggunakan akun gmail yang Anda miliki.
  • Pilih atau masuk ke akun Anda dan kemudian sentuh icon atau foto dari channel youtube Anda.
  • URL akun youtube Anda ada di bagian atas atau address bar browser yang Anda gunakan.

Namun, cara termudah adalah dengan menggunakan komputer. Untuk tahu alamat URLnya, Anda hanya perlu untuk masuk lebih dahulu ke browser lalu ke youtube. Setelah itu, pilih salah satu video di youtube atau memilih channel tertentu.

Nantinya, akan muncul video atau channel yang Anda inginkan. Untuk URLnya, Anda bisa melihatnya di bagian address bar. Untuk membagikan video atau channel tersebut, Anda bisa langsung mengkopi alamat di address bar atau dengan klik share dan membagikannya ke media sosial lain yang Anda inginkan.

Dengan cara melihat URL Youtube tersebut, Anda tak perlu bingung lagi untuk mencari URL dari video yang sedang Anda lihat ataupun yang akan Anda bagikan. Semoga informasi di artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.