APLIKASI EDIT VIDEO VLOG UNTUK PARA VLOGGER

congusano.com – Mendengar kata vlog, orang-orang akan membayangkan seseorang yang merekam aktivitas yang sedang ia kerjakan kemudian mengunggahnya ke media sosial seperti Youtube atau Instagram. Ada yang belum mengetahui secara langsung apa itu vlog. Vlog sebenarnya adalah kepanjangan dari video blog. Secara umum, vlog dapat diartikan sebagai sebuah blog yang berupa video yang dapa dilakukan dengan menyisipkan video dalam sebuah postingan di media sosial. Pemilihan video sebagai konten karena video merupakan salah satu media yang cukup menarik dan dapat langsung dilihat oleh penonton serta dapat langsung dipahami. Durasi video yang ditampilkan pun cukup beragam, tergantung keinginan dari si pemilik vlog.

Orang yang membuat vlog disebut sebagai vlogger. Menjadi seorang vlogger terbilang susah-susah gampang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar vlog yang dibuat dapat menarik penonton atau viewers. Selain memperhatikan jalan cerita dan kualitas video dalam vlog, kamu juga harus memerhatikan bagaimana vlog yang kamu buat dapat menarik untuk dilihat. Bagaimana membuat vlog yang dapat menarik minat viewers ? Tentunya adalah melalui proses editing video. Kamu bisa mencoba mengedit vlog kamu dengan aplikasi edit video vlog yang biasanya digunakan oleh vlogger.

Berikut adalah daftarnya.

  1. Screencast-O-Matic

Untuk membuat penonton tertarik, vlog tidak selalu berisi tentang aktivitas sehari-hari, lho! Kamu juga dapat membuat vlog tentang tips dan trik, atau tutorial-tutorial lainnya. Sebut saja tutorial yang dilakukan dengan menggunakan komputer misalnya kamu ingin merekam layar saat kamu sedang memainkan games yang sedang terkenal. Contoh vlogger terkenal yang membuat konten seperti ini adalah Pewdiepie. Jika kamu memilih untuk membuat vlog seperti ini, maka aplikasi yang dapat digunakan adalah ScreenCast-O-Matic. Aplikasi edit video vlog ini tidak mengedit video yang direkam menggunakan kamera, melainkan merekam layar dari semua aktivitas yang kamu lakukan menggunakan komputer.

  1. Corel Video Studio

Untuk membuat sebuah vlog yang terlihat profesional, kamu dapat menggunakan aplikasi Corel Video Studio. Aplikasi ini cukup banyak digunakan oleh para vlogger profesional yang tentunya juga dapat membantu kamu dalam membuat hasil akhir vlog menjadi lebih baik. Corel Video Studio memiliki berbagai jenis musik yang dapat kamu pilih untuk ditambahkan sebagai backsound vlog yang kamu buat. Penggunaan aplikasi yang cukup mudah dapat menghemat waktu kamu, dan kamu dapat langsung mengunggahnya ke media sosial setelah proses editing selesai dilakukan.

  1. EaseUS Video Editor

EaseUS Video Editor dapat digunakan oleh pemula hingga profesional. Fungsi yan ditawarkan pun beragam dimulai dari basic hingga advanced. Fitur yang tidak kalah menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur aspect rasio yang dapat kamu pilih mengikuti ukuran video terbaik dari masing-masing media sosial. Seperti rasio potret 9:16, layar lebar 16:9, Taobao 3:4, tradisional 4:3, dan Instagram 1:1.

Mengedit video untuk vlog kamu tidak lagi sesulit yang kamu bayangkan. Silakan mencoba daftar aplikasi edit video vlog diatas dan selamat berkreasi !