Others

Apa Yang Dimaksud dengan Hyperlink dan Fungsinya?

Apa Yang Dimaksud dengan Hyperlink dan Fungsinya?

Dalam membuat suatu artikel terkadang Anda harus menempatkan hyperlink terlebih jika Anda hendak menggunakannya untuk backlink ataupun guest post. Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan hyperlink? Untuk tahu lengkapnya dan apa fungsinya, simak info berikut.

Pengertian Hyperlink

Hyperlink disebut juga dengan pranala. Istilah ini merupakan acuan dalam dokumen hiperteks ke sumber yang lainnya. Artinya hyperlink dipergunakan untuk saling mengaitkan antara bagian yang satu dengan yang lain. Bisa antar halaman yang ada di dalam 1 dokumen, antara dokumen dengan website atau antara website yang satu dengan yang lainnya.

Umumnya, penyematan hyperlink dilakukan dengan menggunakan kata seperti keyword atau anchor text misalnya jasa backlink murah. Namun, Anda juga bisa menyematkan hyperlink dalam gambar.

Jenis Hyperlink

Setelah Anda tahu apa yang dimaksud dengan hyperlink, Anda juga perlu tahu jenisnya. Ada 3 jenis hyperlink yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Absolute Address

Hyperlink ini butuh koneksi internet. Tujuannya adalah untuk shortcut alamat URL dari website tertentu. Shortcut tersebut bisa berbentuk full dari alamat URL. Jadi, jenis hyperlink ini lebih banyak ditemukan pada situs yang menghubungkan atau berkaitan dengan situs tertentu atau postingan tertentu dalam 1 situs.

  • Realtif Address

Jenis hyperlink ini hanya menampilkan file dan patchnya saja. Sekilas sama seperti absolute address namun penerapan URL tidak menyebutkan mengenai network location dan protokolnya.

  • Link Section

Hyperlink ini biasanya digunakan dalam dokumen. Dengan begitu, antara dokumen ang satu dengan yang lainnya akan saling berkaitan dan memudahkan untuk melakukan pencarian.

Fitur penggunaan hyperlink jenis ini ada di software dari Microsoft misalnya Microsoft word, excel ataupun power point.

Fungsi Hyperlink

Pada dasarnya hyperlink digunakan untuk mempermudah pembaca dalam menjelajahi atau mendapatkan informasi dalam suatu file, baik dokumen ataupun dalam suatu artikel. Dengan kata lain, hyperlink adalah jalan pintas atau jembatan yang menghubungkan antara dokumen yang satu dengan yang lainnya.

Apa Yang Dimaksud dengan Hyperlink dan Fungsinya?
Apa Yang Dimaksud dengan Hyperlink dan Fungsinya?

Dalam penyematan hyperlink dalam sebuah kata, tampilan dari kata tersebut berbeda dengan yang lainnya. Misalnya memiliki warna biru dan terdapat underline. Ketika kata tersebut ditunjuk menggunakan kursor, maka kursor berubah menjadi gambar tangan.

Cara Membuat Hperlink

Jika Anda hendak membuat hyperlink misalnya dalam Microsoft word ada beberapa cara. Jika Anda menaruh link secara langsung, Anda hanya perlu copy paste link tersebut di tempat yang Anda inginkan. Sedangkan jika ingin menyelamatkannya pada kata, lakukan cara ini:

  1. Bold kata yang akan Anda gunakan untuk meletakkan hyperlink.
  2. Klik menu insert > hyperlink, lalu pastekan link tersebut atau bisa juga diarahkan ke dokumen lain > ok.
  3. Hyperlink Anda sudah jadi dan Anda bisa mengeceknya secara langsung.

Itulah pengertian dan fungsi dari hyperlink. Dengan informasi ini semoga Anda tidak bingung dan bertanya mengenai apa yang dimaksud dengan hyperlink itu.