Property

Apa Sih SOFA Score Sepsis Itu? Cari Tahu Jawabannya Di sini!

Apa Sih SOFA Score Sepsis Itu

Ada banyak istilah kesehatan yang kadang membuat pasien atau orang yang masih awam bingung. Salah satu istilah yang banyak dibicarakan tapi masih terdengar asing yaitu SOFA score sepsis. Sebagai orang awam, kamu pasti masih bingung dengan istilah tersebut kan? nggak apa, biar kamu lebih jelas, kamu bisa membaca sedikit ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Sepsis

Sebelum ke penjelasan yang lebih dalam, pahami dulu apa itu sepsis. Sebenarnya sudah ada beberapa pengertian sepsis saat ini, tapi yang paling umum adalah sepsis merupakan kondisi yang di mana organ nggak bisa berfungsi atau mengalami disfungsi sehingga bisa mengancam nyawa. Biasanya kondisi tersebut disebabkan karena adanya disregulasi respon di dalam tubuh seseorang terhadap suatu atau beberapa infeksi.

Kalau sudah masuk sepsis berat, maka pasien bisa mengalami komplikasi disfungsi organ. Semakin parahnya, bisa saja mengalami syok sepsis yang merupakan kondisi yang dapat menyebabkan hipotensi persisten.

Mengenal SOFA Score Sepsis

Setelah memahami apa itu sepsis, sekarang akan lebih dijelaskan apa itu SOFA score sepsis. SOFA Score merupakan penilaian derajat dari suatu organ yang nggak berfungsi atau mengalami disfungsi yang terjadi di pasien sepsis. Dari penilaian itu, dokter bisa dengan lebih jelas menganalisa kondisi kesehatan si pasiennya.

SOFA Score tersebut punya 6 fungsi organ, mulai dari respirasi, hepar, sistem saraf pusat, kardiovaskular, koagulasi, sampai pada organ ginjal. Masing-masing organ tersebut punya penilaian 0 di batas fungsi yang masih normal sampai dengan 4 yaitu batas fungsi yang nggak normal atau abnormal.

Perlu diketahui, pemberian SOFA score sepsis nggak hanya dilakukan sekali saja atau dalam 1 kali kondisi tertentu saja, tapi perlu dilakukan secara berkala agar kondisi pasien tetap terus terpantau. Jadinya, pasien akan dengan cepat diketahui apakah mengalami kegagalan organ atau nggak.

Sebenarnya sudah ada banyak pasien yang datang ke rumah sakit karena adanya sepsis, bahkan sudah sampai 50%-nya. Kalau telat membawanya ke rumah sakit atau telat mendapatkan perawatan, pasien tersebut akan meninggal dalam waktu kurang dari 48 jam. Jadi, nggak ada salahnya kalau kamu selalu mengecek kesehatanmu secara berkala agar kamu terhindar dari sepsis atau kondisi yang lebih parahnya lagi.