Others

Apa Itu Social Media Evaluator Indonesia?

Apa Itu Social Media Evaluator Indonesia?

Tidak dapat dipungkiri, peranan media sosial saat ini semakin penting. Karena hal tersebut, banyak pekerjaan yang berkaitan dengan sosial media. Mulai dari social media specialist hingga social media evaluator. Social media specialist biasanya bekerja menentukan strategi dan yang berkaitan dengan sosmed misalnya konten untuk tujuan tertentu. Sedangkan untuk social media evaluator Indonesia, ada baiknya Anda simak penjelasan berikut ini.

Pengertian

Social Media Evaluator merupakan orang yang bekerja untuk memberikan evaluasi atau feedback terkait dengan social media. Dalam hal ini bisa jadi terkait dengan feed, iklan, dan hasil pencarian di sosial media tersebut.

Misalnya untuk media sosial terkait dengan infografis cara menggabungkan video online. Anda nantinya akan mereview atau memberikan feedback terkait dengan feed tersebut untuk tujuan tertentu. Seperti untuk meningkatkan engagement dari media sosial itu sendiri.

Social media evaluator Indonesia umumnya bekerja secara remote. Jadi, Anda tidak perlu datang ke kantor namun Anda tetap harus bekerja misalnya memberikan feedback dan evaluasi terkait dengan sosial media yang ditentukan.

Berapa Pendapatannya?

Untuk saat ini, hanya ada 2 perusahaan yang biasanya membuka lowongan sebagai social media evaluator. Ini karena pada umumnya, social media evaluator juga termasuk dalam internet analisis.

Besaran gaji yang diterima cukup besar untuk seorang social media evaluator. Hal ini disebabkan karena biasanya social media evaluator dibayar per hari atau per jam. Total penghasilan per bulan, Anda bisa mendapatkan pendapatan sekitar Rp 2,2 jutaan. Besar pendapatan tersebut tergantung juga dari jobdesk dan juga ketentuan dari perusahaan.

Mudahkan Menjadi Social Media Evaluator?

Tidak. Terlihat mudah karena melakukan evaluasi ataupun menjawab pertanyaan seputar iklan yang ditayangkan perusahaan di media sosial, namun untuk menjadi social media evaluator, tidak semudah itu.

Apa Itu Social Media Evaluator Indonesia?
Apa Itu Social Media Evaluator Indonesia?

Ada tahapan dan proses seleksi yang terbilang ketat. Masing-masing perusahaan yang menyediakan job ini, memiliki proses seleksi tersendiri. Jadi, walaupun Anda sudah mengikuti prosedur yang ditentukan oleh perusahaan, hal tersebut tidak menjamin bahwa Anda akan diterima sebagai social media evaluator.

Ada beberapa keahlian yang perlu untuk dipersiapkan sebagai modal penting Anda sebagai berikut ini:

  1. Analisis: kemampuan ini diperlukan karena Anda akan mengevaluasi media sosial sehingga diperlukan kemampuan analisis yang baik.
  2. Disiplin dan fleksibel: Anda tentu harus menyisihkan waktu untuk melakukan evaluasi yang tepat sesuai dengan iklan ataupun feed yang berkaitan dengan media sosial tersebut.
  3. Lisan dan tulisan tidak hanya dalam bahasa Indonesia namun juga bahasa Inggris. Ini disebabkan karena sebagian besar, untuk saat ini, perusahaan yang membutuhkan social media evaluator adalah perusahaan asing. Karena hal tersebut, Anda perlu untuk memiliki kemampuan berbahasa yang baik.

Selain itu, Anda juga harus memiliki medsos agar Anda juga perlu tahu algoritma dari media sosial tersebut. Dengan begitu, kesempatan Anda menjadi social media evaluator Indonesia akan semakin besar.