Others

5 Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Buku

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Buku

Sebagai seorang mahasiswa, atau tenaga pendidik, penulisan daftar pustaka yang baik dan benar tentunya menjadi hal yang sangat penting. Menulis daftar pustaka yang mengutip dari sumber buku, haruslah benar dan tepat agar tidak salah jujukan ketika dibaca. Berikut ini 5 cara penulisan daftar pustaka dari buku yang perlu Anda ketahui.

  1. Nama Penulis

Saat menuliskan nama penulis yang Anda kutip, maka dalam daftar pustaka penulisan nama penulis dituliskan pertama. Kemudian diurutkan berdasarkan alfabet. Apabila nama penulis lebih dari dua kata, maka diurutkan menjadi terakhir. Kemudian ditulis nama pertama lalu dilanjutkan dengan penulisan nama kedua.

Gunakan tanda koma (,) sebagai pemisah antara nama pertama dan nama terakhir si penulis. Selanjutnya, usai penulisan nama ditambahkan tahun penelitian atau tahun terbitan buku yang saat penelitian tersebut dibuat.

Penulisan tahun di akhir setelah penulisan nama pertama dan kedua, dipisahkan menggunakan titik (.). Contohnya, Profesor Keraf Gorys dengan tahun penelitian 1991. Maka ditulis menjadi Keraf, Gorys. 1991.

  1. Kata Penghubung

Apabila pengarang terdiri dari dua hingga tiga orang maka nama pengarang ditulis terbalik, kemudian penulis berikutnya ditulis sesuai dengan nama aslinya. Sementara  itu, untuk sebuah sumber buku yang ditulis oleh dua orang pengarang maka menggunakan kata ‘dan’ sebagai penghubung yang disematkan di antara penulis pertama dan penulis kedua.

Sedangkan pada sebuah buku yang dituliskan oleh tiga orang maka kata ‘dan’ sebagai penghubung digunakan pada nama penulis kedua dan penulis ketiga. Misalnya pada penulisan pengarang buku yang ditulis sebanyak dua orang maka penulisannya menjadi, Rowling, J.K  dan Marchella Febritrisia. 2020.

  1. Tahun Penerbitan

Sedangkan tahun terbit ditulis menggunakan angka penerbitan sumber buku dan ditulis pada bagian akhir setelah penulisan nama. Contohnya,  Rowling, J.K  dan Marchella Febritrisia. 2020. Perlu diingat bahwa penulisan tahun yang ditulis adalah tahun rujukan buku, bukan tahun penelitian Anda dibuat.

  1. Judul buku

Judul buku ditulis miring menggunakan huruf kapital di awal kata kecuali untuk kata hubung seperti ‘dan’, ‘ke’, ‘di’, dan lain sebagainya. Penulisan judul buku ini ditulis secara spesifik sesuai dengan judul buku yang tertera pada sumber.

  1. Kota hingga Nama Penerbit

Cara penulisan daftar pustaka selanjutnya, pada penulisan kota dan nama penerbit ditulis secara terpisah. Biasanya pada bagian bawah setelah tahun penerbitan buku dan dipisah menggunakan tanda hubung ‘:’ sebelum menuliskan nama kota hingga nama penerbit.